Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mengulas tentang pengertian tanaman obat, tentunya anda harus juga mengetahui apa pengertian obat herbal. Karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. Obat herbal merupakan obat-obatan yang bahan pembuatannya diambil dari beberapa bagian tanaman yang mengandung zat dan senyawa penting dan berkhasiat bagi tubuh. Tanaman tersebut dikenal dengan istilah tanaman obat.

pengertian tanaman obat herbal

Pengobatan secara herbal sebenarnya sudah lama dikenal sejak jaman dahulu, dimana masyarakat pada jaman tersebut menggunakan beberapa jenis tumbuhan untuk mengobati penyakit yang mereka derita. Salah satu Negara yang menggunakan metoda pengobatan herbal dan masih banyak dilakukan sampai sekarang adalah Negara cina. Di Negara kitapun banyak ditemukan toko-toko obat tradisional cina yang menyediakan bahan ramuan obat yang memanfaatkan beberapa jenis tanaman.

Pengertian tanaman obat menurut beberapa sumber

Beberapa literatur menyebutkan, bahwa pengertian tanaman obat yaitu berbagai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan setiap bagian tubuhnya, mulai dari akar, batang, daun, bunga, buah, bahkan biji buahnya untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh manusia baik yang disebabkan penyakit atau gangguan lainnya.

Menurut Wikipedia.org, Tanaman obat adalah tanaman yang telah diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki zat dan senyawa yang bisa digunakan untuk menangkal dan menyembuhkan penyakit, bisa melakukan fungsi biologis tertentu , sampai memberikan perlidungan kepada tubuh terhadap serangan serangga dan jamur.

tanaman obat keluarga indonesia
Indonesia merupakan salah satu Negara yang memilki kekayaan sumber daya alam sangat melimpah, salah satunya banyak tumbuh tumbuhan yang bisa digolongkan sebagai tanaman obat. Tanaman tersebut tumbuh baik secara liar ataupun segaja ditanam sebagai tanaman penghias rumah. Tapi awalnya tidak semua orang mengetahui akan khasiat dari tanaman tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan masih kurangnya informasi yang bisa didapat tentang apa tanaman obat tersebut, ciri dan juga jenisnya. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa belum banyak masyarakat yang membudidayakannya secara maksimal. tapi seiring waktu, ternyata mulai banyak orang tertarik untuk mengetahui tentang berbagai khasiat dari tanaman yang tergolong obat dan semakin banyak juga orang-orang memilih mengkonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit yang mereka derita ataupun untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu contoh sederhana yaitu semakin banyak orang yang membudidayakan beberapa jenis tanaman yang memiliki khasiat baik secara kecil-kecilan dengan membuat lahan tanaman obat keluarga.beberapa jenis tanaman yang ditanam antara lain jahe, kunyit, kumis kucing, laja, dan lainnya. Bahkan sebagian orang menjadikan beberapa jenis tanaman yang tergolong obat sebagai tanaman hias karena dapat mempercantik halaman rumah anda, seperti binahong, lidah buaya, kumis kucing, sirih merah dan masih banyak jenis lainnya.

Pemanfaatan obat herbal dengan memanfaatkan tanaman obat sebenarnya banyak sekali memberikan keuntungan. Selain tidak memerlukan biaya yang cukup besar, penggunaan obat-obatan herbal tidak terlalu memberikan efek negatif bagi tubuh, karena zat dan senyawa didalamnya masih bersifat alami sehingga aman bagi tubuh walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Semoga uraian singkat mengenai pengertian tanaman obat secara umum ini, bisa memberikan sedikit tambahan pengetahuan kepada anda semua.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top