Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Bengkuang merupakan satu dari sekian banyak tanaman umbi-umbian yang tidak hanya enak untuk dimakan, tapi lebih dari itu, mengkonsumsi buah bengkuang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bagi anda yang mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis), sehingga bengkuang bisa juga digolongkan sebagai salah satu tanaman obat herbal untuk osteoporosis.

bengkuang untuk mencegah osteoporosis

Bengkuang dikenal kaya akan kandungan air dalam umbinya (Sekitar 85%). Dengan kandungan air tersebut, bengkuang bisa memberikan efek pendingin tubuh. Selain air, bengkuang juga mengandung nutrisi penting lainnya yaitu vitamin dan garam mineral seperti kalsium dan fosfor. Terdapat juga senyawa inulin yang memiliki khasiat penting bagi tubuh.

Khasiat bengkuang untuk osteoporosis.

Mengenai manfaat bengkuang untuk mencegah osteoporosis, tulang tidak terlepas dari kandungan kalsium, fosfor, dan zat inulin. Ketiganya merupakan komponen yang saling mendukung dalam menjaga kesehatan tulang, memperkuat tulang, dan melindunginya dari pengeroposan.


Kalisum dan fosfor merupakan sumber nutrisi penting bagi tulang dan gigi. Keduanya sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi terutama pada anak-anak. Sehingga konsumsi bengkuang sangat dianjurkan bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Kalsium juga berperan penting dalam memperkuat tulang dan mencegah terjadinya pengapuran tulang,serta mencegah terjadinya kerusakan pada otot. Zat inulin dalam bengkuang dapat membantu absorpsi ( penyerapan ) dan deposisi ( pengkristalan) kalsium oleh tulang, sehingga kalsium yang masuk kedalam tubuh dapat dimafaatkan secara maksimal. dengan terpenuhinya kebutuhan tulang akan kalsium, maka kesehatan tulang tetap terjaga.

mencegah osteoporosis dengan konsumsi bengkuang

Selain anak-anak, mengkonsumsi bengkuang juga dianjurkan bagi mereka yang sudah lanjut usia. Pada masa ini, manusia membutuhkan sekitar 1200 mg kalsium. Bila kurang dari angka tersebut. Maka tulang akan rawan mengalami pengeroposan. Bengkuang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber kalsium alternatif bagi tubuh.

Selain baik dikonsumsi oleh penderita osteoporosis, bengkuang juga bisa dijadikan makanan untuk penderita diabetes. Zat gula yang terkandung dalam bengkuang sangat sulit dicerna dan diserap sistem pencernaan. Bengkuang juga aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol tinggi, wasir, jantung, darah tinggi,dan kanker karena tidak memberikan efek negatif.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top