Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat herbal osteoporosis - Kolang-kaling merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan konsumsi dan banyak ditemukan pada saat bulan ramadhan. Pada bulan ini keberadaannya bak jamur yang bisa ditemukan dimana-mana. Masyarakat umumnya menjadikan buah berwarna putih bening ini sebagai pelengkap bahan untuk rujak ataupun kolak. Banyak orang yang suka akan buah ini dikarenakan teksturnya yang padat, lunak, dan kenyal.

Mengenal kolang-kaling sebagai obat osteoporosis

Tapi mungkin sebagian besar dari anda, belum mengetahui manfaat lebih yang diberikan kolang-kaling ketika kita mengkonsumsinya. Ternyata kolang-kaling kaya sekali akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya dalam memelihara kesehatan tulang, dan dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Buah-kolang-kaling kaya sekali akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya : air, vitamin ( B, dan C), energy, protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, potassium, dan forfor. Nutrisi tersebut dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan harian tubuh.

Manfaat kolang-kaling untuk cegah osteoporosis

gambar pohon kolang-kaling
Tulang merupakan penyangga tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Umumnya masalah yang terjadi pada tulang disebabkan asupan nutrisi khususnya kalisum yang dibutuhkannya tidak dapat dipenuhi, sehingga memicu terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

Untuk memenuhi kebutuhan tulang akan kalisum, buah kolang-kolang bisa menjadi salah satu alternatif sumber kalsium selain susu. Bila dibandingkan, kadar kalisumi pada setiap 100 gram kolang-kaling vs susu murni adalah 91 mg : 125 mg. memang kadarnya masih lebih tinggi susu murni, tapi bila anda perhatikan nutrisi lainnya, susu mengandung kalori yang tinggi (61 kkal) dibandingkan kolang-kaling (27 kkal) yang tentunya kurang baik bagi kesehatan, karena akan menyebabkan terjadinya obesitas (kelebihan berat badan).

Selain kalsium, kolang-kaling juga kaya akan karbohidrat galaktomannan. Karbohidrat jenis ini sangat baik untuk tubuh, khususnya dalam menangani peradangan pada sendi. Karbohidrat galaktomannan memberikan efek analgesic (pereda sakit) yang mampu mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Manfaat kolang-kaling untuk diet

Selain bisa menjadi obat osteoporosis, kolang-kaling bisa menjadi makanan altenatif untuk anda pelaku diet. Kecilnya kadar kalori didalamnya tidak akan merusak diet yang anda lakukan. Tidak hanya itu saja. Kandungan Serat, gelatin, dan air dalam kolang-kaling bisa membantu mensukseskan program diet yang anda jalankan.

Kadar gelatin dan air dalam kolang-kaling cukup tinggi. Keduanya berperan dalam mempercepat rasa kenyang, dan membantu menurunkan nafsu makan. Serat berperan dalam memperlambat proses pencernaan makanan dalam usus sehingga anda akan merasa kenyang dalam waktu cukup lama, sehingga asupan makanan kedalam tubuh bisa dikurangi.Serat juga bermanfaat dalam melacarkan pencernaan dan buang air besar.

Untuk mendapatkan manfaat dari kolang-kaling sebagai obat osteroporosis ataupun diet, anda bisa menjadikannya sebagai cemilan sehat dengan mengolahnya terlebih dahulu. Ketika proes pengolahan, jangan mencampur gula ataupun pewarna kedalamnya, anda bisa menambahkan bahan-bahan alami yang aman seperti gula batu, daun pandan, dan jahe. Untuk kesehatan, konsumsi sekitar 100-200 gram buah kolang-kaling setiap hari.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top