Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Bawang putih (Allium sativum, Linn) merupakan salah satu bahan rempah dapur yang bisa juga memberikan manfaat begitu besar dalam dunia pengobatan, sehingga tanaman ini dimasukan kedalam golongan tanaman obat.

Kandungan kimia dan manfaat bawang putih

Dalam umbi bawang putih terkandung sejumlah zat dan senyawa penting yang cukup penting dan berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit dan gangguan lainnya pada tubuh.

Kandungan kimia bawang putih

Kandungan kimia dalam umbi bawang putih diantaranya: alisin, protein, lemak, hidrat arang, vitamin (A, B1, C,), kalori, posfor, karbohidrat, kalsium, kalium, zat besi, air, magnesium, zinc, thiamin, riboflavin, serat, dan sejumlah zat aktif seperti: alicin, germanium, selenium, sinistrine, scordini, nicotinic acid, dan enzim alinase.

Sifat dan khasiat

Kandungan kimia yang dimiliki bawang putih, dapat memberikan beberapa efek farmakologis, diantaranya: bersifat pedas dan menghangatkan, antibiotik, antibakteri, antiradang, antidiabetik, penurun tekanan darah, antikanker, antitrombotik, antitoksin, penghilang rasa pening, dan menurunkan kolesterol.

Manfaat bawang putih

Dengan efek farmakologis yang dimilikinya, bawang putih bisa dijadikan sebagai salah satu bahan ramuan obat yang cukup berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya:
  1. Menurunkan tekanan darah, kolesterol tinggi, lemak darah tinggi. Dan gula darah.
  2. Sebagai obat herbal jantung, berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengatasi berbagai masalah yang menggangu kinerjanya.
  3. Menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh
  4. Mencegah penumpukan plak pada saluran arteri jantung sehingga aliran darah yang menuju atau keluar jantung lancar.
  5. Mengatasi masalah yaang terjadi pada sistem pencernaan seperti: diare, disentri, gangguan pencernaan, radang lambung, radang usus, dan sembelit.
  6. Mengobati penyakit pada kelamin: Cyntitis, keputihan, candidiasis, dll
  7. Mengatasi masalah pada kulit seperti: bisul, infeksi, luka bernanah, jerawat, kurap, dan eksim.
  8. Mengobati bronchitis, gangguan tenggorokan, radang tenggorokan, amandel, katarak, demam, batuk, radang telinga, dan radang pada selaput lendir.
  9. Menetralkan racun, obat sakit gigi.
  10. Mengobati luka akibat gigitan serangga/ lebah.
  11. Membunuh cacing yang bersifat parasit didalam tubuh.
  12. Mengatasi kelelahan serta
  13. Memelihara kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit tubuh.

cara pengolahan bawang putih

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan cara menelan atau mengunyahnya, bisa juga dihaluskan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan madu untuk memperkaya rasa.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top