Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara mengatasi diabetes - Penggunaan sambiloto sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi penyakit diabetes yaitu dengan menjadikannya sebagai obat tambahan untuk lebih memperkuat obat-obatan Hipoglikemik oral. Masyarakat umumnya memanfaatkan bagian daun sambiloto sebagai bahan ramuan obat yang mereka buat.

cara mengatasi diabetes

Manfaat sambiloto dalam mengatasi diabetes

Pemanfaatan tanaman sambiloto sebagai obat herbal diabetes mellitus dikarenakan tanaman ini mengandung beberapa zat dan senyawa penting yang dapat menurunkan kadar gula darah.( silahkan baca artikel sebelumnya: sambiloto dan khasiat yang dimilikinya).  Zat pahit (andrografolid) dalam ekstrak herba tanaman bersifat antidiabetik, yang bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah. Ekstrak sambiloto juga mengandung etanolik yang dapat menurunkan kadar glukosa darah, senyawa ini berperan dalam menghambat aktivitas enzim hepatic glukosa -6-fosfatase dalam memproduksi glukosa. (Zhank dan tan, 2000). Manfaat lainnya dari ekstrak sambiloto yaitu merangsang produksi dan sekresi insulin dalam sel beta pancreas, dan menekan absorbsi glukosa dengan cara menghambat aktivitas enzim alfa-amilase dan alfaglukosidase, serta meningkatkan metamobisme sel, dimana peningkatan ini mendorong penggunaan glukosa berlebih, sehingga secara langsung dapat menekan kelebihan glukosa dalam darah.

Cara mengolah sambiloto untuk obat herbal diabetes

Cara mengatasi diabetes dengan sambiloto yaitu melalui pemanfaatan beberapa bagian atau seluruh tanaman yang diolah dengan cara direbus dan diminum air rebusannya secara rutin.

Berikut salah satu ramuan obat dari sambiloto yang bisa coba anda buat dirumah untuk mengatasi penyakit diabetes yang anda derita.

Daun sambiloto dan daun kumis kucing yang masih segar @ 7 lembar, 6 cm batang brotowali. Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 3 gelas air, hentikan proses perebusan ketika air tersisa 2 gelas. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari setelah makan @ 1 gelas.

Perlu diperhatikan, penggunaan daun sambiloto atau bagian lainnya sebagai ramuan obat untuk mengatasi diabetes atau penyakit lainnya, harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Bila berlebihan, bisa memicu beberapa efek samping terhadap tubuh, diantaranya: menyebabkan rasa tidak enak pada lambung, menghilangkan nafsu makan, dan dapat memicu rasa mual.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top