Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baru cina atau masyarakat Jakarta menyebutnya sebagai daun manis mupakan salah satu tanaman semak yang digolongkan sebagai tanaman obat karena cukup berkhasiat untuk mengatasi sejumlah penyakit pada tubuh.

manfaat baru cina untuk obat herbal

Penamaannya yang menyerupai salah satu Negara di asia ini dikarenakan baru cina merupakan tanaman asli Negara cina. Kemudian menyebar kebeberapa Negara asia lain termasuk Indonesia. Baru cina dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 3000 dpl. Struktur tanah yang lembab dan kaya humus merupakan tempat terbaik untuk pertumbuhan tanaman ini.

Sebagai tanaman obat baru cina bisa diolah menjadi ramuan obat herbal dengan memanfaatkan beberapa bagian pohon seperti akar, daun dan biji, ataupun seluruh tanaman baik dalam keadaan segar atau yang telah melalui proses pengeringan. Kandungan kimia dalam herba tanaman dapat memberikan sejumlah efek farmakologis yang baik bagi tubuh.

Kandungan kimia baru cina

Dalam herba tanaman banyak terkandung zat dan senyawa sebagai berikut: minyak atsiri( cadinece, phellandrene, alfa-thujone), cineole, fernerol, alfa-amirin, dihydromatricaria, beta-kariophilene, I-alfa terpineol, I-quebrachitol, tanin, inulin (banyak terdapat pada bagian akar dan batang), ridenin, oxytocin, yomogi alkohol (terdapat pada cabang pohon).

gambar pohon baru cina

Sifat dan khasiat tanaman baru cina

Baru cina memiliki rasa daun yang pahit, memberikan rasa pedas menghangatkan,serta mengeluarkan aroma khas. Kandungan kimia yang terkandung dalam herba tanaman memberikan beberapa aktivitas farmakologi seperti: peluruh kencing (diuretic), peluruh keringat, peluruh kentut, penghilang rasa nyeri (analgesic), pereda pendarahan (hemostatis), menghangatkan tubuh, astrigen, tonik, meningkatkan nafsu makan (stomakik), melancarkan haid dan peredaran darah, mencegah pembekuan darah, dan mencegah keguguguran.

Manfaat baru cina sebagai obat herbal

Manfaat yang terkandung dalam tanaman baru cina sebagai ramuan obat herbal diantaranya:
  1. Mengatasi berbagai masalah pada wanita seperti: nyeri haid, keluar darah berlebihan ketika haid, haid tidak teratur, telat datang bulan, keputihan, dan sukar punya anak.
  2. Mengatasi permasalahan ketika hamil ataupun pasca melahirkan seperti: menghilangkan bercak darah ketika hamil, pergerakan janin yang terlalu aktif, melancarkan proses persalinan, dan kram perut yang sering dialami setelah melahirkan.
  3. Mengatasi leher kaku (dengan memanfaatkan bagian daun).
  4. Mengatasi masalah pada pencernaan : diare, disentri, nyeri lambung, perut mulas.
  5. Mengatasi muntah darah, mimisan, batuk darah, luka berdarah, wasir berdarah, ayan, dan nyeri ulu hati.
  6. Dapat mengobati lemah syahwat pada laki-laki, serta
  7. Membantu meningkatkan nafsu makan.

Salah satu cara mengolah baru cina menjadi obat herbal sebagai berikut: siapkan 10-30 gram daun segar yang telah dicuci bersih, untuk daun kering siapkan sekitar 5-10 gram. Rebus daun dengan air bersih 3 gelas. Hentikan proses perebusan ketika air tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut untuk sekali minum.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top