Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pada penderita diabetes melitus, sering dibarengi dengan adanya masalah lain seperti kolesterol tinggi dan menurunnya kualitas sperma. Hal ini disebabkakan karena metabolisme tubuh pada penderita diabetes terganggu. Salah satunya adalah gangguan pada metabolisme lemak yang menyebabkan meningkatnya kolesterol darah. Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat memicu timbulnya plak pada pembuluh darah  sehingga dapat mempersempit dan mengeraskan pembuluh darah, dalam istilah medis dikenal dengan  aterosklerosis.

Menurunkan kolesterol pada penderita diabetes melitus

Aterosklerosis dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah yang membawa serta nutrisi penting keorgan tubuh salah satunya ke organ reproduksi. Kurangnya suplai nutrisi ke organ reproduksi dapat menyebabkan kualitas sperma yang dihasilkan menjadi menurun karena kekurangan nutrisi.

Manfaat daun sambung nyawa untuk turunkan kolesterol.

Pemberian ekstrak dari daun sambung nyawa kepada penderita diabetes mampu mengatasi kerusakan pembuluh darah akibat tingginya kadar kolesterol. manfaat daun sambung nyawa lainnya yaitu dapat menghambat  proses oksidasi LDL dalam pembuluh darah sehingga jumlahnya tidak berlebihan. Kadar kolesterol yang normal akan mencegah munculnya plak pada pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh organ tubuh menjadi lancar kembali.

Mengenai kemampuan daun sambung nyawa dalam menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes, telah dibuktikan dari beberapa penelitian, diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Atip Nurwahyunani  dan Eko Kurniadi Abdurrahman  dari fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang. Dari penelitian tersebut, disebutkan bahwa pemberian ekstrak daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar kolesterol darah serta memperbaiki kualitas sperma dari sampel uji.

Mengolah daun sambung nyawa untuk menurunkan kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol pada penderita diabetes, cukup mengkonsumsi 3-7  lembar daun sambung nyawa segar sebagai lalapan, tentunya yang sudah dicuci terlebih dahulu. Cara lainnya yaitu dengan merebus daun sambung nyawa yang telah dicuci bersih. Gunakan 2 gelas air untuk merebus, dan gunakan api kecil ketika proses perebusan. setelah air rebusan tersisa kurang lebih 1 gelas, hentikan perebusan dan dinginkan. Anda bisa minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 1 gelas. Lakukan terus sampai kadar kolesterol dalam darah menjadi normal kembali.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top