Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat alami untuk kolesterol ~ Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkab peradangan pada pembuluh darah (aterosklerosis) sebagai akibat mengendapnya kolesterol jahat. Bila keaadan ini terus berlanjut, dapat memicu gangguan pada jantung dan bisa menyebabkan stroke.

obat alami untuk kolesterol

Untuk mengatasi kelebihan kolesterol ini, anda bisa melakukan beberapa pencegahan salah satunya dengan mengurangi asupan makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Untuk pengobatan, anda bisa mengkonsumsi obat-obatan baik medis ataupun herbal guna menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Salah satu tanaman obat penurun kolesterol yang bisa anda manfaatkan guna menormalkan kembali kadar kolesterol dalam darah yaitu buah tomat.

Khasiat buah tomat untuk menurunkan kolesterol.

Khasiat buah tomat sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol, tidak terlepas dari kandungan kimia didalamnya. Buah tomat dikenal kaya akan serat, likopen, dan pektin. Ketiga unsur tersebut mampu menekan sekaligus mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Buah tomat memiliki kadar serat cukup tinggi. Serat dan pektin (banyak terdapata pada kulit buah tomat) dapat mencegah kenaikan kadar kolesterol total dan LDL dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam usus yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Likopen merupakan zat yang berperan dalam mengatus metabolisme kolesterol dengan cara menekan sistesis kolesterol. Kemampuan likopen dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah sama baiknya dengan statin yang merupakan jenis obat-obatan dari dokter yang diberikan kepada pasien kolesterol tinggi..

Mengolah tomat untuk menurunkan kolesterol darah

Cara mengolah buah tomat menjadi obat alami untuk kolesterol, yaitu dengan menjadikannya jus. Pengolahan buah tomat menjadi jus cukup dianjurkan, karena cukup efektif dalam mengatasi kelebihan kolesterol dalam darah. Hal ini telah dibuktikan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, antara lain oleh: (sumber: perpusnwu.web.id)
  1. Nur Dewi Masitoh dan Aryu Chandra (thn.2013, judul penelitian :pengaruh pemberian jus tomat berkulit maupun jus tomat tanpa kulit terhadap penurunan kadar LDL).
  2. Slamet, Sugiyono dan Dasrul (thn.2013, judul penelitian: efek ekstrak tomat terhadap ketebalan plak atau lesi pada dinding arteri koronaria pada pasien aterosklerosis)
  3. IinPrasetyoAnggraeni, Rosalina,S.Kp.,M.Kes, danUmi Aniroh,S.Kep.,Ns.,M.Kes (judul penelitian: pengaruh pemberian jus tomat terhadap kadar kolesterol dalam darah pada pasien hiperkolesterolemia di puskesmas Bergas Kabupatan Semarang).
obat alami kolesterol dari jus tomat

Dari semua penelitian tersebut ,berhasil membuktikan bahwa pemberian jus tomat kepada pasien kolsterol tinggi selama beberapa hari dengan takaran yang sesuai, dapat menurunkan kadar kolesterol total, dan LDL dalam darah secara signifikan.

Untuk membuat jus tomat, caranya cukup mudah. Silahkan anda blender sampai halus 2 buah tomat masak yang telah dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, minum jus tomat secara rutin sampai kadar kolesterol dalam darah anda menjadi normal.

pasta buah tomat

Selain dijadikan jus, cara lain untuk mendapatkan manfaat tomat sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan memasaknya terlebih dahulu / dibuat pasta. Buah tomat yang telah dimasak, memiliki kualitas likopen jauh lebih baik, dan tubuh-pun akan lebih mudah menyerap likopen pada buah tomat yang telah dimasak dibandingkan dengan buah tomat yang belum dimasak. Sebagai obat alami kolesterol, jumlah konsumsi tomat masak / pasta yang dianjurkan oleh para peneliti yaitu sekitar 60 gram untuk setiap pasien. (sumber: http://health.kompas.com/)

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top