Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara menurunkan asam urat – kelebihan kadar asam urat dalam darah atau yang dikenal dengan istilah hiperurikemia dapat menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi pada tubuh seperti batu ginjal, rhematik, penyempitan pembuluh darah, tekanan darah tinggi,gangguan pada jantung, dll. Asam urat berlebih dalam darah juga dapat mengendap pada persendian tubuh, sehingga meyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sendi-sendi tubuh seperti sendi kaki dan tangan.Untuk menurunkan kadar asam urat, anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman obat asam urat, salah satunya seledri.

cara menurunkan asam urat

Seledri, baik bagian akar, batang, daun, biji, dan bunganya diketahui mengandung banyak sekali senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh. salah satu khasiat dari seledri yaitu dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah. kandungan senyawa dalam seledri yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat darah, yaitu flavonoid, apigenin, dan apiin.

Senyawa apigenin memiliki efek untuk menghambat kerja dari enzim xantine oksidase dalam pembentukan asam urat dalam darah. senyawa flavonoid bersifat antioksidan, perannya yaitu menghambat kerja enzim xantin oksidase dan reaksi superoksida sehingga dapat menekan kenaikan asam urat dengan cara menghambat pembentukannya serta mengurangi kadarnya dalam darah. sedangkan senyawa apiin bersifat diuretik sehingga dapat menurunkan asam urat dengan cara mengeluarkan kelebihan purin bersama air kencing. Purin merupakan zat yang berasal dari makanan yang kemudian akan dimetabolisme menjadi asam urat.

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak tanaman seledri terhadap penurunan kadar asam urat darah, salah satunya yang dilakukan oleh Siti ambar wati ( Sekolah Tinggi Kesehatan Aisyiyah, Yogyakarta, 2012). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian air rebusan seledri terhadap kadar asam urat pada penderita Arhtritis gout (penyakit asam urat). Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa pemberian air rebusan seledri dapat menurunkan asam urat pada penderita, serta mengurangi rasa nyeri pada persendian tubuh penderita gout.

Mengolah seledri menjadi obat herbal asam urat


Untuk mengolah seledri menjadi obat herbal asam urat, anda hanya perlu merebus seledri dengan takaran tertentu, kemudian air rebusannya diminum sebagai obat dalam. Berikut cara mengolah seledri menjadi ramuan obat untuk menurunkan asam urat.

air rebusan seledri

Siapkan seledri yang masih segar (daun dan batang) 60 gram, cuci bersih lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan seledri tersebut menggunakan air 200 cc dengan api kecil. Hentikan perebusan setelah air menyusut kira-kira 100 cc, angkat dan dinginkan. Saring air rebusan, lalu minum kaligus, lakukan terus secara rutin selama 2 minggu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan asam urat, selama pengobatan sebaiknya penderita mengurangi konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

Sumber:
  • http://opac.say.ac.id/896/1/NASKAH%20PUBLIKASI_SITI%20AMBAR%20WATI%20%28080201019%29.pdf
  • http://semnasffua.com/pub/2014/PROSIDING%202014_p187-191.pdf

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top