Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara pengobatan batu ginjal dengan memanfaatkan tanaman kumis kucing merupakan salah satu cara alternatif yang banyak dipilih masyarakat selain penanganan medis untuk menghilangkan batu dalam saluran kemih dan ginjal.

cara pengobatan batu ginjal

Penggunaan kumis kucing sebagai bahan ramuan obat herbal penghancur batu ginjal bukan tanpa alasan. Kumis kucing diketahui sebagai satu dari sekian banyak tanaman obat yang mengandung garam kalium dan ortosifonin. Keduanya berkhasiat melarutkan kalsium fosfat, asam urat, dan oksalat dalam kandung kemih dan ginjal, sehingga kemungkinan terjadinya endapan zat-zat sampah tersebut bisa diminimalisir. Kandungan kalium yang terdapat dalam kumis juga bisa memberikan efek diuretik yaitu sebagai peluruh air seni dan dapat melarutkan batu pada saluran kemih.

Bagian daun kumis kucing juga mengandung zat aktif seperti alkaloid, saponin, dan flavonoid yang bersifat anti-radang dan anti-bakteri. Dengan mengkonsumsi daun kumis kucing, maka ginjal dan saluran kemih  akan terhindar dari peradangan dan infeksi akibat bakteri.

Cara Pengobatan batu ginjal dengan ramuan herbal kumis kucing

Untuk menjadikan kumis kucing sebagai obat, anda bisa memanfaatkan bagian daun dan bunganya, atau seluruh bagian pohon mulai dari akar sampai bunga. Untuk penggunaan daun dan bunga, biasanya diolah dalam keadaan  tanaman basah / segar, sedangkan bila pemanfaatannya mencangkup seluruh bagian pohon, biasanya pohon sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan proses penjemuran dibawah sinar matahari.

daun kumis kucing kering


Berikut adalah beberapa ramuan obat penghancur batu ginjal dengan kumis kucing yang bisa anda piih salah satunya.

Ramuan pertama:
Bahan: 6 gram daun dan bunga kumis kucing, 7 pohon meniran, air 3 gelas
Pembuatan: cuci bersih bahan, lalu rebus dengan air 3 gelas, setelah kurang lebih tersisa 2 gelas angkat dan tiriskan.
Cara pengobatan : minum air rebusan 2 kali sehari @ 1 gelas.

Ramuan kedua:
60 gram pohon kumis kucing basah, direbus dengan air dua gelas dan biarkan sampai tersisa dua gelas. Untuk  120 gram pohon kumis kucing kering, cukup diseduh dengan air untuk dijadikan teh.

Ramuan ketiga:
Ambil ¼ genggam kumis kucing kering, rebus dengan air satu gelas, biarkan sampai tersissa ½ gelas, minum dua kali sehari @ ½ gelas.

Selain bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal, ramuan obat dari kumis kucing  juga bisa anda gunakan untuk obat untuk infeksi ginjal, mengobati  maag, menurunkan kadar gula, mengatasi kencing manis,  masuk angin, sembelit, asam urat dan lain-lain.

Cara pengobatan batu ginjal dengan kumis kucing ini merupakan langkah yang bisa ditempuh ketika anda sudah terkena batu ginjal. Tapi alangkah baiknya, sebelum terkena penyakit ini, sebaiknya kita mulai melakukan pencegahan sejak dini agar ginjal yang kita miliki tetap sehat, caranya mudah sekali anda hanya perlu merubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti kurangi merokok, hindari makanan dan minuman berbahaya, tingkatkan asupan air putih, melakukan olahraga secara rutin dan lain sebagainya.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top