Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

manfaat meniran - Murah bahkan gratis, hal tersebut yang akan anda dapatkan bila memanfaatkan sejumlah tanaman obat yang ada dilingkungan rumah untuk mengobati sejumlah penyakit yang anda derita, tidak terkecuali meniran. Tanaman semak yang satu ini memilki banyak khasiat untuk tubuh. Diantaranya bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat dan batu ginjal.

manfaat meniran untuk obat herbal asam urat dan batu ginjal
Meniran sudah mulai banyak digunakan sebagah bahan ramuan obat herbal. Tanaman ini kaya akan zat dan senyawa penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya: alkaloid, tanin, flavonoid, glikosida flavonoid, dan saponin.

Flavanoid merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada semua bagian bagian pohon meniran, tapi kandungan paling besar, bisa kita dapatkan pada bagian akar dan daun. Flavonoid tersusun dari beberapa unsur kimia seperti quercitrin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, dan rutin . Flavonid sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membantu mengatasi penyakit batu ginjal dan asam urat.

Manfaat Meniran untuk obat herbal batu ginjal

Dalam tubuh manusia, khususnya pada bagian ginjal dan kantung kemih, beberapa senyawa penyusun flavonoid bisa berikatan dengan kalsium sulfat yang merupakan salah satu unsur pembentuk batu ginjal. Ikatan ini akan menjadikan senyawa komplek yang bersifat mudah larut. Sehingga endapan kalsium sulfat dalam tubuh mudah dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa meniran banyak digunakan sebagai bahan ramuan obat herbal batu ginjal.

Manfaat meniran sebagai obat herbal asam urat

Sebagai obat herbal asam urat, perpaduan antara glikosida flavonoid dan flavonoid bebas dapat menghambat kinerja dari enzim ksantin oksidase untuk membentuk asam urat didalam tubuh,sehingga jumlahnya tidak berlebih. Akar dan daun meniran juga kaya akan ion-ion natrium dan kalium. Didalam tubuh, keduanya akan berikatan dengan asam urat membentuk satu senyawa garam yang bersifat mudah larut dalam air. Hal ini tentu saja baik bagi tubuh karena endapan asam urat yang sudah membentuk Kristal akan larut secara perlahan-lahan dan dapat dikeluarkan oleh tubuh berbarengan dengan urin. Ion kalium dan beberapa unsur pembentuk senyawa flavonoid seperti Nirurin dan quercetin bersifat diuretik yaitu mampu meningkatkan produksi urin sekaligus melancarkan saluran kencing.

Cara membuat ramuan obat herbal dari meniran

Berikut beberapa ramuan obat herbal yang bisa anda buat dengan memanfaatkan beberapa bagian dari tanaman meniran.

1. Ramuan obat herbal batu ginjal
Siapkan meniran daun sendok, dan tempuyung yang masih segar @ 30 gram. Cuci bersih semua bahan, lalu rebus menggunakan 4 gelas air. Biarkan sampai tersisa 2 gelas. Angkat dan tiriskan. Bagi tiga air rebusan tersebut. Minum 3 kali sehari @ 1/3 bagian.

2. Ramuan obat herbal peluruh kencing.
7 pohon meniran segar dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah tersisa kurang lebih 1 gelas, angkat dan dinginkan. Bagi dua air rebusan, lalu minum 2 kali sehari @ ½ gelas.

3. Ramuan obat herbal asam urat.
ramuan obat herbal asam urat
Resep pertama:
Siapkan 5 tanaman meniran segar dan 5 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih keduanya lalu rebus dengan 2 gelas air. Tunggu samapi tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak ½ gelas.

Resep kedua:
Meniran kering, daun kumis kucing kering, sawi tanah kering, kapulaga kering, jahe merah kering @ 10 gram. Rebus semua bahan dengan air satu liter. Biarkan sampai tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari @ 200 ml.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top