Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Banyak jenis tumbuhan yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan ramuan obat herbal maag, salah satunya kunyit. Bagian tanaman kunyit yang memiliki khasiat pengobatan khususnya dalam mengatasi maag yaitu bagian rimpangnya.

obat herbal maag dari rimpang kunyit
Penggolongan kunyit sebagai salah satu tanaman obat untuk atasi maag, dikarenakan sejumlah bahan aktif yang terkandung dalam rimpangnya yang cukup memberikan efek positif bagi organ tubuh seperti lambung dan usus. Rimpang kunyit dikenal kaya akan zat aktif seperti kurkumin,dan minyat atsiri. Keduanya berperan dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari masalah – masalah yang timbul baik yang disebabkan penyakit ataupun gangguan lainnya.

Manfaat kunyit sebagai obat herbal maag

Penggunaan kunyit sebagai obat herbal untuk maag yaitu dengan memanfaatkan ekstrak dari bagian rimpangnya. Ekstrak rimpang kunyit memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat  mencegah terjadinya pembengkakan dan peradangan pada dinding lambung dan usus, menurunkan asam lambug, serta mengurangi rasa mual.

Cara membuat obat maag herbal dari rimpang kunyit

Cara mengolah rimpang kunyit menjadi obat maag herbal tidak telalu sulit, berikut beberapa pengolahan rimpang kunyit menjadi ramuan obat mujarab untuk mengatasi penyakit maag yang anda derita.

ekstrak kunyit untuk obat maag herbal

Ramuan pertama.
Siapkan rimpang kunyit kira-kira seukuran 2 jari, kupas bagian kulit luarnya lalu cuci sampai bersih. Parut kemudian tambahkan air matang secukupnya. Peras parutan kunyit tersebut menggunakan kain bersih. Diamkan air perasan untuk diambil bagian airnya . minum ekstrak rimpang kunyit tersebut 2 kali sehari . konsumsi sebelum makan atau tidur.

Ramuan kedua.
Siapkan rimpang kunyit secukupnya, cuci bersih lalu potong-potong. Rebus dengan air secukupnya. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan kunyit setiap pagi dan malam hari.

Ramuan ketiga.
Untuk ramuan ketiga ini, rimpang kunyit dijadikan jamu yang khasiatnya tidak kalah dibandingkan ramuan pertama dan kedua. Berikut cara pembuatanya.

Bahan yang diperlukan:
Rimpang kunyit seukuran ibu jari 5 buah, asam dan gula merah secukupnya.
Cara pembuatan:
Cuci bersih rimpang kunyit ,lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan rimpang dengan 2 gelas air, tambahkan gula merah dan asam secukupnya. Dalam proses perebusan, gunakan api kecil. Setelah air rebusan tersisa kurang lebih 1 gelas, angkat lalu saring.
Cara penggunaan:
Minum air rebusan kunyit dalam keadaan hangat 2 kali sehari sampai penyakit maag yang anda derita reda.

Jamu yang terbuat dari kunyit dan asam ini, tidak hanya bermanfaat sebagai obat herbal maag. Anda bisa memanfaatkannya untuk melangsingkan tubuh secara alami dan tubuh agar tetap bugar.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top