Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Selain obat-obatan medis, berbagai jenis tanaman obat herbal untuk diabetes bisa anda manfaatkan sebagai upaya untuk menormalkan kembali kadar gula berlebih dalam darah. salah satunya yaitu cathanranthus roseus L atau yang kita dikenal dengan nama tapak dara. Bagian yang bisa digunakan dari tanaman hias ini sebagai bahan ramuan herbal diabetes yaitu daunnya.

obat herbal untuk diabetes

Sebagai obat herbal diabetes alami, Daun tapak dara dapat memberikan efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Kemampuan yang dimiliki daun tapak dara dalam menurunkan glukosa dalam darah dipengaruhi oleh sejumlah alkaloid yang terdapat didalamnya seperti: leurosin, lochnerin, katarantin, tetrahidroalstoni, vindolin, dan vindolinin. Senyawa alkaloid tersebut berperan penting dalam  membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan jumlah sel beta pankreas, memperbaiki sel-sel yang rusak, merangsang peningkatan produksi dan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Hormon insulin dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel. ekstrak daun tapak darah juga bermanfaat untuk menghambat penyerapan glukosa dalam usus yang berasal dari bahan makanan yang masuk kedalam tubuh, sehingga jumlahnya tidak meningkat.

Mengolah daun tapak dara untuk obat herbal diabetes

Cara meramu obat herbal diabetes dengan memanfaatkan daun tapak dara caranya cukup mudah, silahkan anda siapkan sebanyak 12 lembar daun tapak darah yang masih segar, kemudian cuci sampai bersih. Langkah selanjutnya rebus daun tapak dara dengan 3 gelas air, gunakan api kecil ketika proses perebusan. Setelah air menyusut kurang lebih 2 gelas, hentikan proses perebusan dan biarkan air rebusan beberapa saat agar dingin. Saring air rebusan dari daun tapak dara kemudian bagi menjadi dua bagian. Cara penggunaannya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun tapak dara tiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.

Selain manfaatnya sebagai obat herbal untuk diabetes, ramuan obat herba dari tapak dara juga  bisa digunakan untuk mengobati penyakit tumor, mengembalikan stamina tubuh, membantu melancarkan haid, menurunkan tekanan darah, obat luka bakar, bisul, meluruhkan batu ginjal, mengatasi anemia, tangan gemetar, meringankan sesak napas pada penderita asma, dan sebagai obat alternatif untuk mengatasi leukemia. bahkan baru-baru ini, ekstrak dari daun tapak dara diketahui memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh, sehingga potensi tanaman ini sebagai obat kanker cukup besar.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top