Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Calincing atau daun asam kecil sebutan orang jawa, merupakan tanaman terna yang tumbuh merambat dengan panjang bisa mencapai 5-35 cm. tanaman ini bisa tumbuh diarea pantai sampai pengunungan. Penyebarannya sudah menjangkau beberapa daerah di Indonesia, tentunya dengan sebutan berbeda, diantaranya calincing (sunda), daun asam kecil, semanggen (jawa), lela (aceh), dan mala-mala (Maluku).

Manfaat calincing

Klasifikasi ilmiah dan ciri umum

Berikut klasifikasi ilmiah dari tanaman calincing
  • Kerajaan : Plantae
  • Ordo : Oxalidases
  • Famili : Oxalidaceae
  • Genus: Oxalis
  • Spesies: O. corniculata

Ciri- ciri umum yang bisa dikenali

  1. Tumbuh merambat hingga 5-35 cm
  2. Memiliki batang lunak dan memiliki banyak cabang.
  3. Daun majemuk menjari 3, anda daun menyerupai jantung. Tangkai daun panjang, warna hijau muda.
  4. Bunga berwarna kuning dengan ukuran kecil, tumbuh sekitar ketiak daun, bentuk seperti payung.
  5. Bentuk buah lonjong, tegak, bagian ujung buah seperti paruh, berwarna cokelat merah ketika matang.

Kandungan kimia calincing

tanaman calincing

Tanaman calincing mengandung zat dan senyawa kimia cukup penting yang menyebar pada setiap bagian pohon, mulai dari akan, batang, daun, dan bunga. Kandungan kimia calincing diantaranya: asam oksalat, flavonoid, polifenol, saponin, dan tanin.

Manfaat calincing dalam dunia herbal

Calincing memiliki rasa yang asam dan sejuk menyegarkan, beberapa efek farmakologis yang dimilikinya yaitu  penawar racun, pereda demam, antiradang, antibiotic, penenang, melarutkan darah beku, hipotensif, dan peluruh haid.

Seluruh bagin tanaman bisa dimanfaatkan untuk bahan ramuan obat herbal, baik dalam keadaan segar ataupun kering. Beberapa jenis penyakit bisa diobati dengan memanfaatkan ekstrak calincing salah satunya yaitu sebagai obat herbal infeksi saluran kemih. Manfaat lainnya dari calincing yaitu menghentikan pendarahan, Mencegah pembengkuan darah, Mengobati hepatitis kronis, flu, Mengatasi terlambat datang bulan, rasa lesu dan lelah, menyembuhkan peradangan pada hati dan tenggorokan, diare, menurunkan demam, dan tekanan darah tinggi. Bisa juga anda manfaatkan sebagai obat luar untuk mengatasi luka bakar, gigitan serangga, koreng, eksim, bisul, dan biang keringat.

Cara pemakaian

Untuk mendapatkan manfaat calincing untuk obat herbal, anda bisa mengunakannya sebagai obat luar ataupun dalam tubuh.

Untuk pengobatan dalam tubuh, herba calincing bisa direbus dengan takaran tertentu, lalu air rebusannya diminum secara rutin, sedangkan untuk pengobatan luar, anda bisa menghaluskan seluruh bagian pohon calincing dengan cara ditumbuk, lalu tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top