Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tanaman obat gatal tradisional pada kulit - Gatal-gatal merupakan rasa tidak enak pada bagian kulit tubuh yang disebabkan oleh banyak hal sehingga menimbulkan perasaan ingin menggaruk bagian kulit tersebut tersebut.

Tanaman obat gatal tradisional

Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:
  1. Karena gigitan serangga seperti  nyamuk
  2. Adanya alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, dan pakaian.
  3. Timbul ruam karena suhu kurang cocok dengan tubuh seperti terlalu panas atau dingin.
  4. Adanya penyakit atau gangguan lainnya pada tubuh seperti penyakit gula, mati haid, stress mental, eksim, panu, scabies dan lainnya.

Gejala yang ditimbulkan ketika kulit mulai merasakan gatal-gatal yaitu terjadinya pembengkakan di kulit dengan tanda garutan yang dalam, munculnya borok-borok kecil sehingga kuman bisa masuk kedalamnya.

Ketika anda menderita gatal-gatal pada kulit, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengetahui penyebab dari rasa gatal yang muncul tersebut. bila disebabkan oleh alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu. Bila gatal yang anda rasakan agak parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, biasanya dokter akan memberikan salep dan juga obat dalam untuk meredakan gatal-gatal pada kulit anda.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari medis, anda juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman yang berkhasiat untuk meredakan gatal-gatal yang anda rasakan secara tradisional

Aneka jenis tanaman obat gatal tradisonal

Berikut beberapa bagian tanaman yang bisa digunakan sebagai obat gatal tradisional dan contoh tanamannya.


Rimpang:
Temu tis, temu ireng, kunyit, temu gongseng, base, lengkuas, jahe.

daun untuk obat gatal pada kulit

Daun:
Salam, biduri, Daun mahkota dewa, sirih, Lidah buaya, sirsak, akar kuning, jerukan, johar, ketepeng cina, kayu pedang, bangle, paku gajah, putat, ceremai, rindu, sirih hutan, kering tapak kuda, leunca, kelor, sambiloto, sambung nyawa, pegagan, peppermint, dan kemangi.

Buah:
Jeruk nipis, petai cina, ketumbar, kepuh, leunca, manggis ( dimanfaatkan bagian kulit buahnya), kelapa hijau (diminum airnya sebagai obat dalam untuk mengatasi gatal-gatal akibat alergi obat-obatan), dan lemon.

Biji buah:
Selasih, bangle, kelengkeng.

Batang pohon:
Pacing, brotowali, bungur dan kamboja (dimanfaatkan bagian kulit batangnya).

Selain dengan memanfaatkan beberapa tanaman obat gatal tradisional yang telah disebutkan diatas, anda juga bisa memanfaatkan bahan lainnya seperti tanah liat hijau, cuka sari apel, dan minyak kelapa.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top