Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pemanfaatan daun salam untuk obat tradisional diare sebenarnya sudah dilakukan sejak lama oleh masyarat terutama didaerah-daerah yang masih jauh dari pelayanan medis. Masyarakat umumnya merebus daun salam untuk diminum air rebusannya. Dan ternyata ,setelah dilakukan penelitian secara ilmiah, daun salam memang terbukti bersifat antidiare.

obat tradisional untuk diare

Penggolongan salam sebagai satu dari sekian banyak tanaman berkhasiat untuk obat diare, sudah teruji dari sejumlah penelitian. Salah satu hasil penelitiian yang dilakukan oleh Venny novianti (FMIPA universitas Islam Indonesia-Jakarta, 2008). Menyebutkan bahwa bahwa ekstrak daun salam dapat memberikan efek antidiare pada tubuh. Hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh Santi andwita (FKIP UMS, 2006), berhasil membuktikan bahwa ekstrak dari daun salam mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri Eschericia coli, yang merupakan salah satu bakteri penyebab diare.

Mengolah obat tradisional diare dari daun salam

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Manfaat daun salam sebagai obat antidiare, diantaranya:
  1. Dapat menghambat perkembangan sekaligus membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan diare seperti scerichia coli, Vibrio cholera dan Salmonella Sp.
  2. Mencegah peradangan di usus.
  3. Mengurangi massa feses
  4. Menormalkan kembali frekuensi defekasi
  5. Memperbaiki konsistensi feses.
Untuk mendapatkan manfaat dari daun salam sebagai obat tradisional untuk diare, anda bisa mengolahnya menjadi minuman kesehatan dengan cara merebus daunnya. Berikut cara membuat ramuan obat dari daun salam untuk mengatasi diare yang bisa anda coba praktekan dirumah.

Siapkan terlebih dahulu 10-15 lembar daun salam. Kemudian cuci sampai bersih, proses selanjutnya yaitu merebus daun salam dengan 2 gelas air sampai mendidih kurang lebih 15 menit atau sampai air menyusut setengahnya, setelah itu angkat dan saring. tambahkan sedikit garam, lalu minum air rebusan dalam keadaan dingin sekaligus. Lakukan secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore sampai sakit diare yang anda derita bisa sembuh.

manfaat batang daun salam

Selain bagian daunnya. Bagian tanaman salam yang memiliki khasiat sama untuk obat tradisional diare adalah kulit batangnya. Batang pohon salam ternyata mengandung zat dan senyawa  (terutama etanol) yang dimiliki bagian daunnya. cara mengolah kulit batang secara tradisional sebagai obat khususnya untuk obat diare yaitu dengan melalui proses perebusan untuk diambil sarinya.

Sumber :

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top