Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Bayam duri merupakan salah satu tanaman perdu yang biasanya tumbuh di pinggiran jalan, pinggiran sungai, dan lahan kosong bekas ladang. Tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1400 m dpl.

manfaat bayam duri untuk obat herbal

Beberapa ciri yang dimiliki bayam duri diantaranya: tingg pohon 30-100 cm, warna batang hijau atau kemerahan, batang ditumbuhi duri jarang. Daun tunggal dengan tangkai panjang, bentuk daun bulat telur memanjang sampai lanset. Disetiap ketiak daun ditumbuhi duri dengan tekstur keras dan bersifat mudah lepas. Bunga muncul pada ketiak daun dan bagian ujung batang, warna hijau keputihan. Bayam duri memiliki buah berbentuk bulat panjang dengan biji bulat berukuran kecil.

Sifat dan khasiat bayam duri

Bayam duri memiliki akar dengan rasa manis, pahit, dan sejuk. Bersifat diuretick(peluruh kencing), antiperik (pereda demam), ekspektoran (peluruh dahak), peluruh haid, antitoksik (penawar racun),antibengkak, dan pembersih darah. Sedangkan herba bayam duri bersifat laktagoga (pelancar ASI), diuretik, dan pembersih darah.

akar bayam duri
akar bayam duri

Kandungan kimia bayam duri

Sifat dan khasiat yang dimiliki bayam duri tentunya berhubungan erat dengan kandungan kimia didalamnya. Kandungan zat dan senyawa bayam duri antara lain: kalium nitrat, tanin, kalsium oksalat, zat besi, garam fosfat, tanin, rutin, hentriakontan, spinasterol, serta beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan B6.

Manfaat bayam duri untuk obat herbal

Dengan sejumlah kandungan kimia serta sifat yang dimilikinya tersebut, bayam duri terutama bagian akar atau seluruh tanaman bisa diolah menjadi ramuan obat herbal yang memiliki banyak khasiat pengobatan. Berikut beberapa manfaat bayam duri sebagai obat herbal:

batang dan duri bayam duri
batang bayam duri

Obat diare, disentri, bronchitis, demam, sakit gigi, sakit tenggorokan, terlambat datang bulan, radang rahim, obat herbal keputihan, buang air kecil tidak lancar, kencing bernanah, dan meluruhkan batu empedu. Bagian tanaman yang digunakan yaitu akar. Sedangkan bagian herba (seluruh tanaman dalam keadaan segar) bisa diolah menjadi ramuan obat untuk mengatasi bronchitis akut, ASI tidak lancar, bisul, kutil,sakit dada,luka terbakar, luka akibat gigitan hewan berbisa, rhematik, pegal linu dan anemia.

Untuk mendapatkan manfaat bayam duri sebagai obat anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, lalu diminum sebagai obat dalam atau digunakan sebagai obat luar untuk merendam bagian tubuh yang sakit. Bisa juga dengan menghaluskan herba lalu ditempelkan pada bagian tubuh.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top