Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pengobatan diare dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat, salah satunya dengan rimpang kunyit sudah lama dilakukan secara empiris oleh masyarakat. Biasanya rimpang kunyit diolah menjadi minuman kesehatan yang dibuat secara tunggal atau mencampurkannya dengan bahan lain dengan khasiat sama.

pengobatan diare dengan rimpang kunyit

Penggunaan rimpang kunyit dalam pengobatan diare berguna untuk menormalkan kembali intensitas buang air, hal ini dikarenakan rimpang kunyit mengandung zat antidiare seperti dihidroksidicinnamoil-metana dan parehidroksicinnamoil-feruloil-metana . Selain itu, ekstrak dari rimpang kunyit juga dapat menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh bakteri Bacillus sp yang merupakan salah satu bakteri penyebab diare.

Mengolah rimpang kunyit untuk obat diare

Cara mengolah rimpang kunyit sebagai obat diare cukup mudah, anda bisa menjadikannya minuman kesehatan. Berikut beberapa resep yang bisa anda coba buat dirumah sebagai salah satu alternatif pengobatan diare.

Siapkan ½ jari rimpang kunyit, kapur sirih (diseduh air), dan air 1 gelas. Cara pembuatannya yaitu dengan mencuci bersih rimpang kunyit, kemudian di iris-iris tipis. Rebus dengan air, tunggu sampai tersisa sepertiganya saja. Angkat dan dinginkan. Saring air rebusan, lalu campurkan 1 sendok makan air kapur sirih, aduk sampai rata. Gunakan untuk konsumsi 3 kali sehari.

Pengobatan diare yang disertai lendir dan darah

Bagi anda atau keluarga dirumah yang menderita diare disertai lendir dan darah, silahkan minum ramuan yang terbuat dari rimpang jahe dan bahan lainnya secara rutin. berikut cara pembuatan ramuannya.

pengobatan diare yang disertai lendir dan darah

Siapkan 1 rimpang kunyit ukuran ibu jari, patikan cina berikut akarnya 1 genggam tangan orang dewasa, pulasari dan temulawak @ ½ ibu jari, 5 biji adas, dan air 2 gelas. Semua bahan dicuci bersih, lalu iris tipis-tipis. Langkah selanjutnya, rebus dengan air menggunakan api kecil. Ketika air rebusan tersisa kurang lebih 1 gelas, hentikan proses perebusan. dinginkan air rebusan, lalu saring dan bagi dua air rebusan. minum 2 kali sehari @ 1 bagian.

Pengobatan diare dengan memanfaatkan rimpang kunyit bukannya tanpa efek samping. Perlu diketahui, kandungan minyak atsiri dalam rimpang kunyit mengandung alfaphellanden. Unsur ini dapat memicu terjadinya diare bila jumlahnya berlebihan didalam tubuh. Oleh sebab itu, gunakan ramuan obat diare dari kunyit ini sesuai dosis yang dianjurkan.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top