Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sirsak, atau sering juga orang menyebutnya nangka belanda merupakan tanaman komersial yang banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya. Rasa buah yang asam manis dan menyegarkan, cukup disukai oleh sebagian besar masyarakat.

pohon sirsak atau nangka belanda

Sirsak bukan tanaman asli Indonesia, tumbuhan dengan bij buah yang banyak ini berasal dari wilayah amerika tengah dan selatan. Sirsak masuk keindonesia ketika jaman penjajahan belanda. Tekstur tanah dan iklim yang cocok, membuat tanaman ini berkembang sangat baik di beberapa wilayah Indonesia seperti jawa, Madura, dan sebagian wilayah sumatera dan Sulawesi.

Kandungan gizi dan manfaat buah sirsak

Selain memiliki rasa yang enak, buah sirsak ternyata kaya sekali akan nutrisi penting dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi buah sirsak diantaranya: kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, garam mineral (kalsium, fosfor, besi), dan beberapa vitamin (A, B1, dan C).

kandungan gizi dan manfaat buah sirsak

Kandungan gizi dalam buah sirsak dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh. Beberapa nutrisi dalam buah sirsak juga cukup berkasiat dalam mengatasi sejumlah penyakit dan gangguan pada tubuh. Manfaat buah sirsak antara lain: bersifat anti kanker sehingga mampu menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh, dapat meningkatkan sistem imun tubuh, meredakan sakit kepala, mencegah osteroporosis, meningkatkan energi tubuh, peluruh air seni, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat buah sirsak sebagai obat, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau diolah terlebih dahulu menjadi minuman kesehatan seperti jus.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Selain buahnya, bagian lain dari tanaman sirsak yang bermanfaat bagi manusia, khususnya dalam dunia pengobatan yaitu daun. Dalam daun sirsak terkandung sejumlah zat dan senyawa penting yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya saponin, flavonoid, dan tanin. (Baca artikel sebelumnya obat asam urat tradisional dari daun sirsak). Zat dan senyawa tersebut memberikan efek farmakologis seperti antibakteri, antivirus, antikanker, pereda nyeri, antiradang, antidiabet, dan antikejang.

manfaat daun sirsak

Berikut sejumlah manfaat daun sirsak untuk kesehatan: dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh, menghambat pretumbuhan tumor, menguatkan syaraf, menghambat mutasi gen, menurunkan tekanan darah tinggi, obat asam urat, meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, melebarkan pembuluh darah, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar gula dalam darah, meredakan nyeri, menguatkan pencernaan, mengatasi peradangan, meningkatkan nafsu makan dan masih banyak manfaat daun sirsak lainnya yang bisa anda dapatkan.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak, anda bisa merebus daun sirsak dan mengkonsumsi air rebusan secara teratur sesuai dengan jenis penyakit yang ingin anda obati.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top