Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cabe jawa merupakan salah satu tanaman jenis rempah asli Indonesia. Tempat asalnya yaitu di pulau jawa lalu menyebar ke beberapa daerah lainnya dipulau sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Banyak ditanam dipekarangan rumah bahkan dibudidayakan karena memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi.

manfaat cabe jawa

Sebagai salah satu tanaman obat indonesia, masyarakat umumnya memanfaatkan cabe jawa sebagai bahan ramuan obat. Bagian tanaman yang bisa diolah menjadi obat diantaranya: buah, daun, dan akar. Ketiga bagian tanaman tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit secara tradisional seperti: sakit gigi, kolik, kejang perut, dan radang mulut.

Sifat dan Khasiat Cabe Jawa

Rasa dari buah cabe jawa pedas dan panas, sedangkan bagian akar memiliki rasa pedas dan menghangatkan. Cabe jawa dapat memberikan efek stimulan (melancarkan peredaran darah), karminatif (penghilang kembung), diaforetik (peluruh keringat), menghangatkan badan, dan pereda rasa nyeri.

Kandungan kimia

Sejumlah kandungan kimia dalam cabe merah yang memberikan efek farmakologi diantaranya: zat pedas piperine, i-undecylenyl-3, N-isobutyl-decatrans-2-trans4-dienamide, tetrahydropiperic, piperidine, palmitic acid, minyak atsiri, dan sesamin. Zat dan senyawa tersebut banyak terdapat pada bagian buah, sedangkan akar cabe jawa mengandung beberapa senyawa seperti piperine, piperlonguminime, dan piplartine.

Manfaat cabe merah untuk kesehatan

Dengan sejumlah kandungan kimia serta efek farmakologis yang dimilikinya, Cabe jawa (buah, daun, dan akar) bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional dengan khasiat antara lain:
Mengembalikan kesegaran tubuh, mengobati batuk, ayan, liver,bronchitis muntah, demam, sakit ulu hati, diare, disentri, sakit kepala, hidung berlendir, sakit gigi, mengatasi gangguan pada pencenaan tubuh, membersihkan rahim pada wanita pasca melahirkan, menguatkan lambung, paru, dan jantung, dll.

buah cabe jawa kering

Berikut contoh penggunaan cabe jawa sebagai obat tradisional :

1. Manfaat cabe jawa Untuk mengobati sakit gigi:
  • 3 lembar daun cabe jawa yang masih segar dicuci bersih, kemudian ditumbuk. Masukan kedalam ½ gelas air panas, lalu gunakan untuk kumur-kumur (dalam keadaan masih hangat).
  • Cuci bersih akar cabe jawa secukupnya, lalu kunyah beberapa saat, kemudian buang.
  • Haluskan buah cabe kering secukupnya, lalu sumbatkan pada bagian gigi yang sakit / berlubang.

2. Untuk mengatasi kejang perut
  • Tumbuk halus 3 lembar daun cabe jawa yang telah dicuci terlebih dahulu. Lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Saring dan minum selagi hangat.

3. Manfaat buah cabe jawa untuk atasi demam
  • 3 gram buah cabe jawa kering dihaluskan, lalu seduh dengan ½ gelas air panas. Minum selagi hangat bersama ampasnya.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top