Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pemanfaatan tanaman anting-anting sebagai obat herbal diabetes mungkin belum dilakukan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan tanaman ini belum begitu dikenal masyarakat. Tapi bila bicara tentang khasiatnya, tanaman liar yang satu ini tidak kalah dari tanaman obat lainnya dalam membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

uji klinis anting-anting sebagai obat herbal diabetes

Tanaman dengan nama ilmiah Acalypha indica L ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes tipe-2. Pengujian secara klinis telah berhasil membuktikan bahwa ekstrak dari akar anting-anting mampu menekan dan mengontrol kadar gula dalam darah tanpa menimbulkan efek samping yang berarti bagi tubuh.

Kemampuan yang dimiliki anting-anting dalam mengobati sejumlah penyakit, khususnya diabetes, tidak terlepas dari kandungan senyawa kimia aktif yang terkandung didalamnya yaitu triterpenoid.senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa lainnya yang tidak kalah penting diantaranya: minyak atsiri, flavanoid,fenol, steroid, alkaloida, saponin dan tanin.

Dalam penelitian lainnya, ditemukan sejumlah kandungan kimia penting dalam ekstrak anting-anting yang baik juga untuk penderita diabetes, antara lain: β-sitosterol-β-D-glucoside, β-sitosterolacetate, succinimide, 2-methyl anthraquinone, calypholacetate,, aempferol, triacetonamine , aurantiamide, quebrachitol, acalyphamide, tri-o-methylellagic acid, hydrocyanic acid,viz Acalyphine, n-octasanol, cyanogenetic, glycoside, tanin, resin, dan minyak esensial.

Baca juga:

Kandungan zat dan senyawa tersebut memberikan beberapa efek farmakologis diantaranya: efak hipoglikimik, antidiabetik, antioksidan, antiAGE, antiradang, dan dapat memberikan efek diuretik.

Efek hipoglikemik yang dimiliki oleh β-sitosterol-β-D-glucoside dapat memicu penurunan kadar gula darah dan menurunkan resiko stress oksidatif pada sel dan jaringan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel, salah satunya sel beta pancreas. Sel ini berperan dalam memproduksi insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Senyawa lainnya seperti flavanoid, asam askorbat, dan tannin bersifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun agar tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Membuat obat herbal untuk diabetes dari anting-anting.

Memanfaatkan anting-anting sebagai obat herbal diabetes, caranya cukup mudah, berikut cara pembuatan ramuan obat herbal diabetes dari aka ranting-anting yang bisa anda pratekan dirumah.

akar tanaman anting-anting

Siapkan sekitar 600 gram akar ranting-anting segar, cuci bersih kemudian rebus dengan air bersih 800 cc, biarkan sampai tersisa kurang lebih 400 cc. setelah itu angkat dan dinginkan. Air rebusan dari aka ranting-anting tersebut bisa anda konsumsi pagi dan sore ,masing-masing 200 cc. lakukan secara rutin sampai kadar gula dalam darah anda normal kembali.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top