Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pengobatan asma alergi dengan akar senggugu - Asma alergi merupakan salah satu jenis penyakit asma yang paling banyak diderita, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Asma jenis ini disebabkan oleh allergen seperti debu, ketombe, bulu binatang, makanan, tepung sari, dll. Penderita asma alergi akan mengalami inflamasi pada bronkus dan meningkatnya sekresi mukus, sehingga saluran napas menjadi terhambat akibat kumpulan lendir. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan sesak napas karena terhambatnya aliran udara yang masuk kedalam tubuh.

pengobatan asma

Untuk mencegah penyakit asma alergi, penderita sebaiknya menghindari faktor pemicu asma. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan medis guna meringankan asma. Selain penggunaan obat-obatan medis, pemanfaatan obat-obatan herbal juga bisa menjadi pengobatan asma altenatif. Cukup banyak jenis tanaman obat berkhasiat yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit asma, satu diantaranya yaitu tanaman senggugu.

Manfaat akar senggugu untuk asma

Senggugu merupakan salah satu tanaman liar yang bisa dimanfaatkan bagian kulit akarnya sebagai obat herbal asma. Akar senggugu memiliki sejumlah kandungan kimia bermanfaat untuk meringankan asma, diantaranya flavonoid dan sitosterol. Flavonoid bersifat anti oksidan, antiviral, anti-bakteri dan anti-alergi. Sedangkan sitosterol memiliki efek anti-inflamasi dengan menurunkan hipersekresi mukus dan infiltrasi eosinofil.

Secara umum masyarakat memanfaatkan akar senggugu untuk membantu menjernihkan suara, dan mengeluarkan dahak / lendir pada saluran pernapasan. Untuk pengobatan asma alergi, pemberian ektsrak dari akar senggugu dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan, menekan produksi dan sekresi mukus, mengencerkan dan mengeluarkan dahak sehingga aliran udara dari luar kedalam tubuh menjadi lancar.

Cara pengobatan asma dengan akar senggugu

Cara pengobatan asma dengan memanfaatkan akar senggugu secara tradisional yaitu dengan cara merendam akar senggugu dalam air panas, lalu diminum secara rutin. berikut cara membuat ramuan obat dari akar senggugu untuk mengobati asma dan bronkitis.

manfaat akar senggugu

Siapkan akar senggugu segar kurang lebih 11 gram, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong menjadi ukuran kecil. Masukan kedalam cangkir, seduh dengan air panas, diamkan beberapa saat sampai dingin. untuk pengobatan asma alergi, konsumsi untuk sekali minum. Lakukan secara rutin 3 kali sehari @ satu cangkir.

Sumber :
https://digilib.uns.ac.id/
http://khasiat-manfaat-tanamanobat.blogspot.co.id/

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top