Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cincau merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah sejak lama diolah oleh masyarakat menjadi bahan baku minuman. Cara pengolahannya yaitu dengan merendam daun atau bagian lainnya dari tanaman cincau dalam air. hasil perendaman ini akan menghasilkan gel yang berupa agar-agar.

Tanaman cincau terdiri dari empat jenis yaitu cincau hitam (mesona palustris), cincau hijau (cylea barbata), cincau minyak (stephania hermandifola), dan cincau perdu (premna serratifola). Dari keempat tanaman cincau tersebut, cincau hitam, cincau hijau, dan cincau perdu lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan dalam pembudidayaan, cincau hitam dan cincau hijau lebih banyak dikembangkan karena memiliki nilai ekonomis yang lebih baik dibandingkan jenis tanaman cincau lainnya.

Selain bisa diolah mennjadi bahan makanan, tanaman cincau bisa juga digunakan sebagai obat karena kandungan serat alami yang dimilikinya bersifat mudah dicerna oleh alat pencernaan tubuh. serat alami ini berfungsi membantu proses pencernaan dan dapat melindungi kesehatan usus. Cincau juga mengandung gelatin yang berperan dalam meredakan panas dalam dan sakit perut.

Daun cincau juga bersifat antikanker. Ekstrak dari daun cincau memiliki aktivitas antioksidan yang mampu menghambat bahkan mematikan empat jenis sel kanker, yaitu sel kanker payudara, paru, darah (leukemia), dan kanker mulut rahim. Aktivitas antioksidan yang dimiliki daun cincau, dikarenakan kandungan zat dan senyawa yang terkandung didalamnya seperti:alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan tanin.(dosen.univpancasila.ac.id).

Cincau hijau (Cyclea barbata Miers).

Cincau hijau merupakan tanaman asli Asia tenggara, digolongkan sebagai tanaman rambat dari famili Menispermae. Tumbuh liar, tapi banyak dibudidayakan masyarakat sebagai tanaman industri. Tanaman cincau hijau tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian dibawah 800 meter dpl, lingkungan teduh, lembab, berair, tanah dangkal yang subur, tekstur gembur, pH tanah antara 5,5-6,5. Perkembangbiakan tanaman cincau hijau bisa dilakukan dengan cara tunas akar ataupun stek batang.

cincau hijau

Klasifikasi ilmiah cincau hijau:

Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledone
Bangsa: Ranales
Suku: Menispermae
Marga: Cyclea
Jenis: Cyclea barbata Miers
Nama umum: CAmcao (Jawa tengah), Cincau (Melayu).

Ciri-ciri tanaman cincau hijau:

  • Akar tumbuh membesar seperti umbi dengan bentuk tidak beraturan. Dalam keadaan segar, akar mengandung daging yang berisi banyak cairan. Dalam kondisi kering, warna akar bagian luar berwarna coklat keabu-abuan, memiliki sisir-sisir yang membujur dan terlihat menonjol.
  • Memiliki batang bulat dengan diametes sekitar 1 cm, tumbuh merambat ke arah kanan pohon inang. Panjang / tinggi tanaman ± 5-16 m.
  • Daun berbentuk jantung / perisai, dengan panjang ± 5-16 cm , berwarna hijau. ujung daun meruncing, tengah melebar, pangkal daun berlekuk, dan tepi daun berombak. Pada bagian permukaan bawah daun ditumbuhi bulu halus, sedangkan permukaan daun bagian atas ditumbuhi bulu kasar dan jarang. Warna daun hijau.
  • Bunga tumbuh berkelompok dengan ukuran kecil, warna hijau. Bunga jantan berwarna hijau, memiliki panjang sekitar 30-40 mm, terdapat kelopak bunga 4-5 kelopak. Bunga betina berukuran lebih kecil dengan panjang ± 0,7-1,0 mm, kelopak bunga terdiri dari 1-2 kelopak dan satu kelopak berbulu, memiliki satu tangkai benang sari dengan kepala sari yang tumbuh bergerombol pada bagian ujungnya.
  • Buah berwarna hijau dengan ukuran kecil-kecil, bentuk bulat dan memiliki bulu halus yang jarang. Dalam buah terdapat 1-2 biji berbentuk bulat telur dengan tekstur keras.

Kandungan gizi cincau hijau


Secara umum, dalam daun cincau hijau terkandung unsure-unsur gizi sebagai berikut: karbohidrat, mineral (kalisum, fosfor), lemak, protein, vitamin (A, dan B) dan senyawa-senyawa lainnya seperti flavonoid, dan polifenol.(core.ac.uk).

Manfaat cincau hijau

Mengkonsumsi cincau hijau yang telah diolah menjadi gel dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Manfaat cincau hijau untuk kesehatan diantaranya: membantu menormalkan kembali tekanan darah pada penderita hipertensi, meredakan mulas yang diakibatkan disentri, meredakan demam, mengobati bisul dan sariawan.

Cincau hitam (Mesona palustris B).

Cincau hitam dihasilkan dari ekstrak tanaman jenggelan (mesona palutris) yang telah melalui proses pengeringan. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daratan menengah sampai dataran tinggi. Beberapa wilayah di Indonesia yang mengembangkan tananan cincau hitam secara serius yaitu bogor (jawa barat), dan Blitar (Jawa timur).

Dalam cincau hitam, terkandung beberapa unsur gizi sebagai berikut:
Kalori 122,0 kal, Protein 6,0 gram, Lemak 1,0 gram, Karbohidrat 26,0 gram, Kalsium 100,0 mg, Fosfor 100,0 mg, Besi 3,3 mg, Vitamin A 10,750 SI, Vitamin B1 80,0 mg, Vitamin C 17,0 mg, Air, 66,0 gram.

cincau hitam

Manfaat cincau hitam bagi kesehatan

Mengkonsumsi cincau hitam cukup baik bagi kesehatan tubuh. bahkan dalam satu penelitian yang dilakukan, diketahui ekstrak cincau hitam jauh lebih baik dibandingkan vitamin E. Berikut sejumlah manfaat cincau hitam untuk tubuh:
  1. Menurunkan panas dalam dan panas tubuh.
  2. Meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh dan melindunginya dari beberapa masalah yang sering terjadi.
  3. Membantu menurunkan berat badan dan hipertensi,
  4. Mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.(digilib.unila.ac.id).

Cincau perdu (Premna oblongata Miq).

Sama dengan jenis cincau lainnya, cincau perdu juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai makanan atau minuman penyegar. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan masyarakat, cincau perdu mulai dikenal sebagai bahan makanan berkhasiat obat.

Klasifikasi ilmiah dan ciri umum cincau perdu

Klasifikasi ilmiah:

Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida
Bangsa: Lamiales
Suku: Verbenaceae
Marga: Premna
Jenis: Premna oblongata Miq
Sinonim: Premna oblongifolia Merr

Ciri umum yang bisa dikenali:

  • Cincau perdu termasuk kedalam tanaman sempurna. Pohonnya terdiri dari akar, batang, cabang, daun, bunga, dan buah yang menghasilkan biji.
  • Akar tanaman cincau perdu kuat yang berada diluar dan didalam tanah. Akar bagian luar terdiri dari akar penunjang, perekat, dan udara. Fungsi dari akar luar yaitu untuk menunjang akar dalam tanah dalam mendapatkan air dan unsur hara demi kelangsungan hidup tanaman ini.
  • Batang tanaman berbentuk bulat dengan tekstur kayu yang relatif tidak keras.bagian tengah batang terdapat empulur. Kulit batang berwarna hijau ketika muda dan ketika tua berubah warna menjadi kelabu. Pada bagian batang tumbuh cabang dan ranting, akar, daun, tunas, bunga dan buah.
cincau perdu

Manfaat cincau perdu bagi kesehatan.

Mengkonsumsi cincau perdu dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. berikut beberapa manfaat cincau perdu yang akan anda dapatkan ketika mengkonsumsinya:
  1. Menurunkan panas tubuh dan menyejukkan perut
  2. Mengatasi berbagai gangguan pada organ pencernaan
  3. Menurunkan gula darah dan kolesterol
  4. Menjaga kondisi saat hamil dan pascapartus.
Sumber: Buku kesehatan : Khasiat cincau perdu (Setijo Pitojo)

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top