Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sirsak atau dikenal juga dengan durian belanda atau nangka belanda merupakan salah satu tanaman buah yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Tanaman ini bukan asli dari Indonesia, tapi berasal dari wilayah karibia, amerika selatan dan amerika tengah. Sirsak masuk ke Indonesia dibawa oleh kolonial belanda sekitar abad ke-19. Tekstur tanah yang baik dan iklim yang cocok ,menjadikan sirsak bisa tumbuh dengan subur di beberapa wilayah Indonesia seperti wilayah jawa, Madura, Bali, Nias, dan sejumlah daerah di sumatera.

manfaat sirsak

Pemanfaatan tanaman awalnya hanya ditujukan untuk sumber konsumsi (bagian buahnya) ,tapi seiring pengetahuan masyarakat akan khasiat tanaman obat, khususnya sirsak. Banyak masyarakat kita yang mulai menggunakan bagian-bagian pohon sirsak sebagai bahan ramuan obat.

Manfaat tanaman sirsak

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Beberapa bagian dari tanaman sirsak seperti akar, kulit batang, daun, buah, dan biji buah mengandung zat dan senyawa penting yang penting dan bermanfaat bagi tubuh. Berikut uraian lengkapnya.

Kandungan kimia dan manfaat daun sirsak

Pada bagian daun, terkandung zat dan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh (silahkan baca artikel sebelumnya: sirsakdan manfaatnya untuk kesehatan)

manfaat daun sirsak

Manfaat daun sirsak antara lain dapat mengatasi sejumlah penyakit seperti: cacingan, gangguan hati, kurang, kejang, malaria, batu ginjal, demam, diabetes, jantung, flu, asma, batuk, disentri, gangguan pencernaan, asam urat, borok, tumor, bronchitis dan lain-lain.

Kandungan kimia buah dan biji sirsak serta manfaatnya

Dalam buah sirsak terkandung beberapa unsur penting seperti vitamin C, air, karbohidrat, garam mineral dan sejumlah zat dan senyawa diantaranya annoneine dan asimilobine.

Khasiat buah sirsak diantaranya sebagai obat diare, maag, demam, flue, disentri, penurun kolesterol, melancarkan asi, dan peningkat stamina tubuh.

Dalam biji sirsak, banyak terdapat zat dan senyawa antara lain:
anomuricin, annonacin, anomurine, atherospermine, caclourine, cohibin, panatellin, xylomaticin, reticuline, sabadelin, solamin.

manfaat biji sirsak

Manfaat biji sirsak, diantaranya sebagai obat cacingan, mengatasi kepala berkutu, menghilangkan rasa mual dan sebagainya.

Kulit batang sirsak, unsur kimia dan manfaatnya

Pada bagian kulit batang terdapat zat senyawa seperti berikut: murin, reticuline, muricine, atherospermine, solamine, dll.


Manfaat kulit batang sirsak antara lain untuk obat batuk, asma, obat penenang, kejang, dan menurunkan tekanan darah.

Unsur kimia akar sirsak dan manfaatnya

Akar sirsak mengandung beberapa unsur penting seperti annonacin, annocatacin, annomontacin, annomuricatin, annomonicin, cohibin, muricetanol, muracin, muricatin, dll.

Akar sirsak bisa anda manfaatkan sebagai obat diabetes ( dimanfaatkan bagian kulit akar),, obat penenang dan kejang.

Selain daun, buah, biji buah, kulit, dan bagian akarnya. Bunga sirsak juga bisa diolah sebagai ramuan obat tradisional yang cukup berkhasiat dalam mengatasi beberapa penyakit seperti batuk dan bronchitis.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top